Kamis, 17 November 2016

Tips Mengatasi Cradle Cap

Untuk mengatasi cradle cap  tentunya ada tips-tips untuk mengatasinya. Cradle cap atau yang secara medis dikenal dengal dermatitis seboroik infantil adalah kondisi umum pada bayi yang menyebabkan munculnya kerak kasar dan bersisik pada kulit kepala bayi. Biasanya kondisi ini sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu namun, dalam beberapa kasus kondisi ini bertahan dan memerlukan perawatan. 

Berikut adalah tips untuk mengatasi cradle cap :

1. Cuci kepala bayi setiap hari.

Untuk penggunaanya yaitu dengan menggunakan air hangat untuk mencuci kepala bayi dan perlahan-lahan pijat kulit kepalanya dengan jari anda air ini akan membantu untuk mengendurkan sisik cradle cap yang selanjutnya biasa di kupas atau di cabut yaitu dengan menggunakan:

Gunakan shampo bayi yang lembut yang bisa membantu mengendurkan sisik sehingga anda bisa mempertimbangkannya saat mencuci kepala bayi. Namun anda juga mungkin akan mendapati shampoo yang membuat kulit kepala bayi bertambah kering.
Dengan menggunakan sikat berbulu lembut untuk membantu mengendurkan sisik ketika kepala bayi masih basah.

2. Cabut sisik dengan jari anda.

Mencabut sisik dengan jari kulit kepala bayi tidak akan terluka jika anda menggunakan  tangan untuk mencabut kerak. Hal ini adalah cara yang paling sederhana dan salah satu yang paling efektip untuk mengatsi sisik dan kerak kering yang muncul ketika bayi memiliki cradle cap. Untuk penggunaanya yaitu dengan menggunakan:

Gunakan dengan menggosokan jari anda pada kerak bersisik lalu perlahan-lahan kupas atau cabut kulit mati yang bersisik dan kemudian buang.
Jika anda tidak mau menggunakan jari anda untuk mencabut sisik, gunakan dengan pakaian sarung tang tangan lateks yang tipis (selama bayi anda tidak alergi dengan lateks) dan anda juga bisa menutupi tangan anda dengan sarung plastik agar tidak menyentuh sisik secara langsung. Ketahuilah bahwa cradle cap tidak menular dan mencabut sisik akan membuat bayi merasa lebih nyaman.
Jangan menggunakan pinset atau alat tajam lainnya untuk mencabut sisik karena anda bisa mengenai kulit bayi secara tidak sengaja dan membuatnya terluka.

3. Gunakan minyak dan jeli.

Kadangkala cradle cap memerlukan sedikit bantuan dari luar sebelum anda bisa mengupasnya, untuk menggunakan minyak dan jeli ini yaitu dengan cara oleskan baby oil atau petrpleum jelly pada kerak yang kering lalu tunggu selama 15 menit agar sisik melunak sebelum anda mencabutnya. Selain itu juga untuk menggunakan minyak dan jeli anda bisa gunakan dengan menggunakan:

Minyak zaitun dan minyak sayur karena minyak ini juga berfungsi dengan baik untuk mencabut sisik.
Menggunakan shampo dan air hangat untuk membersihkan minyak setelah anda selesai. Dengan sisa-sisa minyak yang tertinggal malah bisa memperburuk masalah karena menyebabkan semakin banyak sisik yang terbentuk.


4. Gunakan shampoo pengobatan antiketombe.

Menngunakan shammpo pengobatan anti ketombe ini digunakan ketika cradle cap terus kembali setelah beberapa hari anda mencabutnya, setelah hal itu dilakukan sebaiknya andaberalih ke shampoo pengobatan selama beberapa kali dalam seminggu mungin dengan ini bisa menjadi solusi yang efektip karena shampo antiketombe mengandung tar yang mengurangi serpihan dan membantu mencegah kulit menjadi kering. Untuk pengibatanya yaitu dengan pengobatan:

Shampo anti ketombe yang mengandung asam salisilat yang tidak direkomendasikan untuk bayi karena bahan ini bisa berbahaya bagi bayi dan diserap dengan mudah lewat kulit mereka.
Shampo yang mengandung pengobatan antijamur ketokonozol atau selenium sulfida 1 persen juga bisa digunakan untuk mengatasi cradle cap.
Bicarakan dengan dokter anda sebelum menggunakan shampo pengobatan pada kulit kepala bayi karena dokter akan merekomendasikan merek shampo atau memberikan resep shampo yang sesuai dengan kebutuhan bayi.

5. Pertimbangkan untuk menggunakan krim hidrokortison.

Jika kulit kepala bayi anda radang, merah atau gatal, krim hidrokortison yang juga digunakan untuk mengatasi ruam dan gigitan serangga yang mungkin membantu meredakan gejala cradle cap. Jika anda menggunakan ini sebaiknya anda harus cek dengan dokter sebelum menggunakan krim hidrokortison yang dijual secara bebas. 

Semoga Bermanfaat :)

Tips Mengatasi Cradle Cap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top